Come from the Past, For the Future

Bendera Merah Putih Vector Graphics (CorelDRAW)


Konniciwa Minna-Sama~ J,

Pada kesempatan kali ini Ryu-San mau share trik corel nih.. Yaitu “MESH FILL”. Sebelumnya, Ryu-San mau Tanya pada Mina-Sama, tau apa itu “MESH FILL”?
“MESH FILL” pada CorelDRAW yaitu “Tool  berfungsi untuk mengisi sebuah objek dengan cara pencampuran beberapa warna atau bayangan diatur Grid Mesh.” 

Kita kembali lagi ke pokok bahasan. Nah, sekarang Minna-Sama sudah tau apa itu Mesh Fill kan. Ayo simak tutorial Design Graphics menggunakan software CorelDRAW. Objek yang akan kita buat kali ini adalah bendera Indonesia, yaitu “Merah Putih”. Berhubung sebentar lagi mau 17 Agustusan.. Hehe ..

Sebagai bangsa Indonesia yang baik, tentu kita harus bisa menggambar bendera RI. Nah, pada kali ini Ryu-San akan memberi membagi ilmu dari ilmu ku yang sangat sedikit.. hehe …

Ya sudah, lanjut ke point pertama ..

I.                    Menggambar objek dasar

1.       Buka Program Aplikasi CorelDRAW, kali ini Ryu-San memakai CorelDRAW X6. (Tapi cara berikut sama dengan CorelDRAW X5 atau versi lebih rendah) Lalu buat dokumen baru.


2.       Buat objek persegi dengan ukuran 1024 X 768 pixel atau sekitar 86.699 X 65.024 mm.


3.       Buat garis lengkung (Curves) dengan menggunakan Pen Tool atau Freehand Tool tergantung kebiasaan.


4.       Dengan menggunakan Smart Fill Tool, warnai objek dengan warna merah dan putih.




Nah gambar bendera dasar sudah jadi, kita tinggal memberikan effect mesh fill. Gini caranya,

II.                  Mewarnai, Memberi Effect dan Menggabungkan objeck.

1.       Siapkan gambar dasarnya,
2.       Buat Objek persegi dengan ukuran 1024 X 768 pixel,
3.       Beri warna Putih
4.       Pilih Mesh Tool pada Tool Box


5.       Pilih objek persegi yang baru kita buat,
6.       Buat Mesh Gird seperti pada Gambar.



Klik pada gambar untuk memperbesar

7.       Beri warna hitam pada titik node Mesh seperti pada gambar.


8.       Cari dan Pilih Transparency Tool pada Tool Box.


9.       Pilih objek yang kita buat mesh fill tadi,
10.   Pilih Uniform dan set Opacity ke 75




11.   Gabungkan dengan Objek bendera dasar tadi, dan Group semua objek.


12.   Buat PowerClip semua objek tersebut ke dalan Objek persegi..
Dan …… bagaimana hasilnya?



Itu sekiranya yang bisa Ryu-San sampaikan. Mudah – mudahan berguna bagi Minna-Sama sekalian.. Hehe,,
Terimakasih sudah membaca artikel ini ..

Bagi yang minat Vector Graphics nya, klik di sini untuk download file Corel nya atau klik di sini jika link pertama broken.


Untuk download file PDF nya, klik di sini

*Rekomendasi memakai Mesh Fill Tool sebaiknya menggunakan CorelDRAW paling tidak X4 atau lebih tinggi.

Sering – sering mampir ke blog RYDE yang sederhana ini ya,,, Jangan Lupa Comment,,
hehe …



Salam,
Ryuzaki Arankaru


  • Bendera Merah Putih Vector Graphics (CorelDRAW)
  • Widhi Allan
  • Wednesday, August 8, 2012
  • 9 comments:
 

9 comments:

  1. terimakasih tutorialnya gan..
    ijin download ya..

    ReplyDelete
  2. oke gan .. terimakasih udah mau mampir .. ^^

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. sama-sama pak... makasih juga udah nyungsep ke sini :D

      Delete
  4. makasih buat share nya
    sedikit saran dan masukan :
    di bagian transparency bayangan benderanya mending dikasih uniform+multiply
    jadi warna merahnya bisa keluar dan bayangan bisa lebih smooth.
    best regards.

    ReplyDelete